Pengobatan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus

1. Lebih Dekat Dengan Anak Berkebutuhan Khusus

Masyarakat sudah tidak jarang mendengar kata anak berkebutuhan khusus (ABK) tidak jarang disebut sebagai anak-anak istimewa yang bertolak belakang dengan anak pada umumnya. Menurut pakar anak, anak berkebutuhan eksklusif (ABK) ialah seorang anak yang masuk dalam kategori cacat atau yang menyandang keterbatasan.

Dahulu, istilah ini dikenal anak ketunaan, sementara dalam perkembangannya kini ini menjadi bekelainan spektakuler atau berkebutuhan khusus. Gejala ABK ada berbagai macam. Dari segi verbal, anak berkebutuhan khusus sulit komunikasi, berbicara tanpa henti, atau suka senang meniru ucapan.

Dari segi perilaku, anak berkebutuhan khusus bisa kesulitan belajar, bersikap membangkang, sulit menulis atau membaca, bersikap sesuai kebiasaan, bertindak gugup, atau melukai diri sendiri. Anak berkebutuhan khusus bisa saja melukai diri sendiri, sehingga orang tua harus lebih waspada kepada mereka.

Setiap orang tua pasti menginginkan kesehatan, perkembangan anak berkebutuhan khusus baik untuk jangka pendek hingga jangka panjang. Orang tua ingin anaknya menjadi anak berkebutuhan khusus ini bisa sehat dan diterima oleh lingkungan sekitar.

2. Jenis Obat Yang Bisa Menjadi Alternatif Bagi ABK

Ada beberapa obat anak autis dan anak berkebutuhan khusus yang bisa dicoba untuk kesehatan anak-anak.

1. Obat Anti Psikotik, merupakan obat yang mampu mengatasi masalah anak autis yang bersifat agresif. Contohnya anak yang mulai melukai diri atau ingin bunuh diri.

2. Selective Serotonin Reuptake Inhibitor (SSRI) adalah obat yang bisa mengatasi dan membantu anak berkebutuhan khusus yang sedang mengalami gangguan cemas, depresi, hingga perilaku yang obsesif.

3. Obat Insomnia, juga bisa masuk ke dalam obat yang membantu anak apabila mengalami gangguan tidur.

4. Obat Daya Ingat Otak, merupakan alternatif obat untuk menambah daya ingat dan kecerdasan anak. Obat ini biasanya mengandung ginkgo-biloba yang mampu melancarkan sel-sel otak.

Mohon orang tua untuk tetap selektif untuk memilih obat yang sesuai anak. Selalu konsultasikan riwayat penyakit anak autis agar mendapatkan dosis penggunaan yang tepat.

Setiap obat akan memberikan efek samping bagi anak. Jangan terlalu sering juga menggunakan obat karena terkadang bisa memberikan efek kecanduan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *